Adanya Bug Di Chipset Qualcomm Ancam Jutaan Perangkat Android Mei Juni 2016

By On Monday, May 9th, 2016 Categories : News
Kecerdasan Robot Mampu Mengancam RAS Manusia, Ini Sebabnya
Huawei Akan Hadirkan P9 Series Di Tanah Air Sebentar Lagi

Chipset Qualcomm, ada satu bug yang ditemukan oleh FireEye dan kabarnya bug tersebut mampu mengancam jutaan perangkat Android. Bug ini memiliki resiko besar dicurinya data dari aplikasi yang terlihat tidak berbahaya.

Menurut FireEye sendiri, orang jahat mampu mengambil data sms maupun sejarah panggilan sampai mengubah pengaturan sistem pada Android. Bug ini berasal dari paket software Qualcomm yang menyediakan API baru bagi layanan daemon netd yang digunakan pada perangkat Android.

Bug perangkat android

OS Android

FireEye sendiri menegaskan, perangkat yang resikonya paling besar yaitu mereka yang menggunakan OS Android 4.3 kebawah, namun tak menutup kemungkinan bagi pengguna Android versi keatas juga memiliki potensi yang sama. Bug yang sudah ada sejak lima tahun lalu itu dinilai sangat berbahaya sebab tak menimbulkan kecurigaan apapun saat dieksploitasi dan dianggap sebagai hal yang normal.

Kini, setidaknya ada 34% perangkat android diseluruh dunia yang masih menggunakan OS Android versi 4.3 kebawah.

Untungnya pihak Google sendiri akan menutupi kekurangan itu dalam buletin keamanan bulanan pada Mei mendatang. Sedangkan Qualcomm sudah menambalnya dalam 90 hari sejak bug tersebut di rilis. Lihat juga Samsung Galaxy S7.

Sayangnya, kedua tambalan itu diperkirakan tidak dapat menyebar secara menyelurur karna faktor fragmentasi Android. Beruntung, hingga detik ini belum ada bukti terkait adanya eksploitasi bug itu.

Adanya Bug Di Chipset Qualcomm Ancam Jutaan Perangkat Android | Lionel | 4.5