Microsoft Jual Lisensi Nokia Ke Foxconn Senilai 4,6 Triliun Mei Juni 2016

By On Wednesday, May 18th, 2016 Categories : Nokia
Harga dan Spesifikasi HP Android Nokia X, X Plus, dan Nokia XL

Baru-baru ini Microsoft dikabarkan menjual bisnis feature phone miliknya dengan brand Nokia ke anak usaha Foxconn, FIH Mobile senilai USD 350 juta atau bila dirupiahkan sekitar Rp.4,6 tiriliun.

Seperti yang dikutip dari laman KompasTekno, Rabu (18/5/2016), kesepakatan itu mencakup pemindahan 4.500 karyawan Nokia dari Microsoft ke FIH Mobile.

Bukan cuma itu, Microsoft juga akan menyerahkan hak merek dagang Nokia untuk dapat dipakai pada ponsel buatan FIH Mobile, termasuk software feature phone mereka serta layanan maupun perjanjian lain seperti pasokan barang dan kontrak.

Microsoft Jual Lisensi Nokia Ke Foxconn Senilai 4,6 Triliun

Kesepakatan tersebut cuma berlaku untuk unit bisnis feature phone (ponsel dengan kemampuan dasar menelepon dan SMS) Microsoft, yang memang masih menggunakan merk dagang Nokia.

Sedangkan, dibagian lini produk ponsel cerdas (smartphone), Microsoft akan tetap meneruskan pengembangan ponsel Windows 10 Mobile serta memberikan dukungan terhadap Luma dan WIndows Phone dari rekanannya seperti HP, ALcatel, Acer, VAIO, dan Trinity.

Tak dapat dipungkiri, Strategi bisnis ponsel Microsoft memang selalu berubha-ubah. Microsoft terus mendorong adopsi Windows Phone dengan brand Lumia namun selalu gagal.

Pada Kuartal lalu saja misalnya, penjualan Lumia cuma mencapai 2,3 juta unit di seluruh dunia, itu artinya mengalami penurunan hingga 73% dari total penjualan sebanyak 8,6 juta di kuartal yang sama tahun lalu.

Menurut isu yang kini sedang beredar, Microsoft berencana untuk fokus ke perangkat Surface Phone tahun depan.

Microsoft Jual Lisensi Nokia Ke Foxconn Senilai 4,6 Triliun | Lionel | 4.5