Ponsel Lepas Pasang “Project Ara” Siap Dirilis Tahun Depan Mei Juni 2016

By On Tuesday, May 24th, 2016 Categories : HP Android
ZUK Z2, Ponsel Flagship Pesaing Berat Xiaomi Mi 5
Motorola Ciptakan Ponsel Android Dengan Layar Lipat

Setelah sebelumnya hanya menampilkan video teaser saja, akhirnya Google pun secara resmi mengumumkan kapan smartphone modular Project Ara akan dirilis. Perangkat yang jeroannya dapat dibongkar pasang tersebut disebut Google akan secara bebas dijual dipasaan pada tahun 2017 mendatang.

Informasi tersebut dikatakan langsung oleh pihak Google saat ajang I/O pekan lalu. Bukan cuma itu, raksasa internet ini pun mengungkapkan akan merilis versi developer dari Project Ara pada kuartal 4 tahun 2016. Untuk versi developernya sendiri juga akan menggunakan layar sebesar 5.3 inci.

Ponsel Lepas Pasang Project Ara Siap Dirilis Tahun Depan

Perangkat Project Ara yang pekan lalu dipamerkan tersebut diklaim akan jauh lebih canggih ketimbang sebelumnya. Menurut informasi yang kami rangkum dari laman KompasTekno, Senin (24/5/2016), nantinya konsumen sudah tak perlu me-reboot perangkat saat ingin mengganti komponennya.

Hebatnya lagi, nantinya komponen Project Ara dapat dicopot hanya dengan perintah suara. Di ajang I/O, Google pun mencontohkan fitur tersebut dengan mengganti komponen kamera hanya dengan perintah suara.

“Okay Google, cabut kamera,” ujar karyawan Google yang mencontohkan pernagkat tersebut. Setelah perintah diucapkan, kamera pun secara otomatis tercabut dan dapat diganti dengan kamera lainnya.

Saat ini perangkat tersebut dikatakan akan terdiri dari 6 buah modul generik. Simpelnya, pengguna dapat menambahkan komponen apapun didalam model itu. Ke 6 model tersebut akan terhubung dalam sebuah jaringan bernama Unipro.

Sebagai informasi, Project ara merupkaan projek modular yang pertama kali dikembangkan oleh Motorola pada tahun 2012 silam hingga akhirnya dikembangkan oleh Google pada tahun 2014. Project ini dikembangkan dengan beberapa perusahaan besar seperti TKD, Panasonic, iHealth, E Ink, Sony Pictures Home Entertainment, Toshiba dan Samsung. Semua perusahaan itulah yang mengerjakan modul-modul Ara, seperti layar, kamera, dan lain sebagainya.

Ponsel Lepas Pasang “Project Ara” Siap Dirilis Tahun Depan | Lionel | 4.5