OnePlus Berhenti Menjual Produknya Di Indonesia, Ini Penyebabnya Mei Juni 2016

By On Monday, June 13th, 2016 Categories : HP Android
OnePlus Hengkang Dari Indonesia, Lantas Bagaimana Nasib Konsumen ?
Tablet Dengan Chipset Intel Atom Ini Hanya Di banderol Rp.600rb Saja

Aturan terkait Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel 4G LTE yang mengharuskan produsen menggunakan 30% bahan lokal memaksa OnePlus memilih berhenti menjual produknya di Indonesia.

Walaupun belum resmi, pemerintah mengatakan perhitungan TKDN pada ponsel 4G bukan cuma meliputi hardware nya saja, namun juga pada software nya.

OnePlus Berhenti Menjual Produknya Di Indonesia, Ini Penyebabnya

Bila beberapa produsen besar seperti LG, Oppo, Asus, Samsung dan lainnya memilih untuk membangun pabrik di Indonesia atau menggaet mitra manufaktur perakitan, namun tidak untuk OnePlus, karna menurut mereka itu terasa memberatkan.

“Sebagai perusahaan startup, manufaktur kami harus terpusat untuk bisa menjaga produksi dan biaya yang lebih murah, sehingga kami bisa memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan kami diseluruh dunia,” ujar Ryan Fenwick selaku Head of Communications OnePlus sebagaimana yang kami kutip dari laman CNN Indonesia, Senin (13/6/2016).

“Karena regulasi tersebut, kita tidak akan bisa menjual produk kami di Indonesia hingga pemberitahuan lebih lanjut,” tambahnya.

Salah satu tandanya bahwa OnePlus tak mampu memenuhi aturan TKDN terlihat dari pembatalan mereka menjual OnePlus 2 akhir tahun lalu.

Walaupun perangkat itu sudah diperkenalkan, rupanya rencana itu batal. Setelah melakukan banyak upaya, OnePlus 2 pun akhirnya tak dapat dipaasrkan di Indonesia karna tersandung regulasi TKDN pada ponsel 4G.

“Seperti yang kita kethaui, penandatanganan regulasi TKDN oleh 3 menteri yang dilakukan pada 3 Juli 2015 lalu membuat regulasi TKDN tak dapat kami hindari,” lanjut Shinta Hawa Thandari selaku Community manager OnePlus Indonesia di forum penggemar OnePlus beberapa waktu yang lalu.

OnePlus Berhenti Menjual Produknya Di Indonesia, Ini Penyebabnya | Lionel | 4.5